SEKOLAH SEBAGAI SUATU SISTEM

by 0

Oleh : Miftahudin

Sekolah dikatakan sebagai suatu sistem jika di dalamnya terdapat suatu pengaturan yang tertata atau tersusun. Semua yang ada di dalamnya ikut sesuai dengan sistem yang disepakati secara bersama-sama oleh semua warga sekolah tersebut.
Sistem adalah suatu rangkaian atau susunan yang dibuat untuk mencapai tujuan bersama, jika susunan tersebut dilaksanakan sesuai dengan runtutan maka tujuan tersebut akan tercapai. Sedangkan sekolah adalah suatu wahana atau lembaga pendidikan yang bertujuan untuk menciptakan lulusan atau generasi bangsa yang cerdas dan mengabdi pada negara. Sekolah sebagai suatu sistem yaitu sekolah dijadikan sebagai suatu sistem karena sekolah mempunyai komponen input, proses, dan output.
Komponen sekolah yang pertama input : meliputi manusia,uang,material atau bahan-bahan yang dibutuhkan. Input difungsikan untuk membantu proses yang ada didalam sekolahan, yang nantinya akan menghasilkan output. Sekolah sebagai suatusistem tentu akan berusaha merancang sistem yang digunakan sebaik mungkin agar tercipta output yang berguna bagi nusa dan bangsa.
Output yang dihasil dari aktivitas sekolah adalah segala sesuatu yang kita pelajari dari sekolah. Apa yang kita pelajari bisa berupa pengetahuan kognitif, ketrampilan dan sikap-sikap yang bermoral. Output sekolah yaitu berupa kelulusan siswa, jika angka kelulusan mencapai keberhasilan maka sekolah sebagaisuatu sistem itu berfungsi dengan baik.

Leave a Reply