Ciri –ciri sekolah efektif

by 0

Oleh : MIYANTO

Tidak semua sekolah memiliki semua komponen system yang efektif.ini semua tergantung pada tingkat pencapaian tujuan yang telah di tetapkan oleh oleh masing –masing komponen.terutama pada tercapainya output sekolah,yaitu sebagai sentral tujuan pendidikan.namun semua itu harus ada komponen- komponen penting yang harus di capai dan di terapkan pada  semua sekolah agar tujuan output dapat tercapai,misal beberapa komponen yang harus di capai :
·         Penggaturan kelembagaan yang didasarkan pada prestasi dan kenyamanan staf
·         Perhatian terhadap kebutuhan ,aspirasi,dan karier staf
·         Pengembangan budaya sekolah dan manajemen sekolah yang modern yang di dasarkan pada share,care,fair.
 David A.squires.et.al.(1983) merumuskan ciri yaitu :
1.      Adanya standar disiplin yang berlaku di sekolah.
2.      Memiliki aturan rutinitas kegiatan di kelas.
3.      Mempunyai standar prestasi yang tinggi.
4.      Siswa diharapkan mampu mencapai tujuan yang telah di tetapkan.
5.      Siswa diharapkan lulus dengan menguasai pengetahuan akademik.
6.      Adanya penghargaan untuk siswa berprestasi.
7.      Para siswa diharapkan mempunyai tanggung jawab yang di akui secara umum.
8.      Siswa berpendapat kerja keras lebih penting dari pada factor keberuntungan dalam mendapatkan prestasi.
9.      Kepala sekolah mempunyai program supervisi,pengawasan,dibantu oleh guru demi tercapainya tujuan.

Pendapat Jaap Scheerens(1992) sebagai berikut :

1.      Kepemimpinan yang kuat.
2.      Penekanan pada pencapaian kemampuan dasar.
3.      Adanya lingkungan yang nyaman.
4.      Harapan yang tiggi pada prestasi siswa.
5.      Penilaian rutin yang dibuat program oleh siswa.

Pendapat Edward Heneveld sebagai berikut :
1.      Dukungan orang tua siswa dan lingkungan.
2.      Dukungan yang efektif dari system pendidikan.
3.      Dukungan materi yang cukup.
4.      Kepemimpinan yang efektif.
5.      Pengajaran yang baik.
6.      Waktu yang cukup di sekolah.
7.      Fleksibilitas dan otonom
8.      Sikap yang positif dari para guru.
9.      Peraturan dan disiplin.
10.  Kurikululum yang terorganisir.
11.  Harapan yang tunggi dari siswa.
12.  Adanya penghargaan dan insensif.
13.  Waktu pembelajaran yang cukup.
14.  Variasi dan strategi penggajaran.
15.  Frekuensi pekerjaan rumah.
16.  Adanya penilaian dan umpan balik sesering mungkin.

Leave a Reply