Manajemen Husemas

by 0

Oleh: Witono
 
            Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat adalah seluruh proses kegiatan yang rencanakan dan diusahakan secara sengaja dengan pembinaan secara kontinu untuk mendapatkan simpati masyarakat pada umumnya, sehingga kegiatan opersional sekolah semakin efektif dan efisien. Sekolah sudah menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, orang tua dan masyarakat. Simpati yang diberikan masyarakat kepada sekolah akan menambah masukkan yang sangat berharga. Maka segala upaya harus dilakukan untuk mendapat simpati dari masyarakat.
            Melalui kegiatan kurikuler atau ekstrakurikuler, sekolah dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan kemampuan dan sikap para peserta didiknya agar mampu melaksanakan tugas-tugasnya di masa depan yang akan membantu pembangunan masyarakat, bangsa dan negara yang baik. Hubungan sekolah dan masyarakat adalah hal yang tak terpisahkan. Karena hubungan timbal balik keduanya akan saling menunjang kearah yang lebih baik.
            Fungsi pokok dari Husemas adalah menarik simpati masyarakat. Agar popularitas sekolah di mata masyarakat mendapat tanggapan baik oleh masyarakat sehingga rating sekolah dapat meningkat pula. Dukungan masyarakat secara spiritual dan material juga dapat meningkatkan nilai kreditasinya untuk sekolah swasta bagi sekolah negeri dapat meningkatkan tingkat favoritnya.
            Hubungan Sekolah dan Masyarakat yang  harmonis akan terjalin kreativitas serta dinamika kedua belah pihak yang inovatif dan dapat memadukan hubungan antara kehidupan sekolah dan kehidupan masyarakat. Sekolah juga sebagai pusat kebudayaan dan ilmu pengetahuan bagi masyarakat, sedangkan masyarakat juga merupakan sumber informasi dan inspirasi bagi sekolah serta sebagai lapangan pengabdian bagi para siswa.

Leave a Reply